GADGETDOWITH.COM
Informasi Seputar Smartphone dan Teknologi Terkini

Jack Audio Pada Ponsel Tersumbat, Begini Cara Membersihkannya.

0 23

GadgetDowith.com, Jack Audio Pada Ponsel Tersumbat, Ini Cara Membersihkannya – Bagi para penggemar musik atau film, jack audio cukup berguna untuk mendapatkan suara yang lebih gahar dan berkualitas daripada mendengarkannya melalui speaker, selain itu dengan menggunakan earphone maka penggunaan baterai ponsel akan lebih hemat.

Namun, sayangnya tidak semua pengguna gadget peduli dengan kebersihan smartphone-nya, apalagi merawat dan membersihkan lubang jack audio. Kebanyakan diantara kita hanya asal colok dan cabut tanpa peduli dengan kebersihan dari jack audio tersebut, sehingga jika hal ini dibiarkan maka bisa menyebabkan jack audio tersumbat baik oleh debu maupun kotoran.

Untuk kamu yang gemar menggunakan headphone ataupun earphone untuk menemani aktifitas joging, tentu saja kebersihan jack audio harus diperhatikan.

Kalau kotoran sudah menumpuk, maka kualitas suara yang enak didengar tersebut bisa saja berkurang bahkan hilang. Tentu kamu tidak ingin headphone atau earphone kesayanganmu rusak gara-gara malas membersihkan jack audio pada ponsel.

Baca Juga :  Cara Kreatif Memanfaatkan Smartphone Bekas, Jangan Langsung Dijual ya !

Untuk menghindari kerusakan pada jack audio, tentu tips berikut ini bisa kamu terapkan sewaktu – waktu agar jack audio tetap bersih dan terawat.

Jack Audio Pada Ponsel Tersumbat

1. Gunakan Kaleng Kompresor

Alat ini sering digunakan untuk menyemprot komponen-komponen pada komputer. Akan tetapi,  kaleng kompresor dapat juga digunakan untuk membersihkan lubang kecil seperti jack audio pada ponsel.

Caranya, cukup dekatkan dan semprotkan kaleng kompresor tepat di lubang jack audio. Tekanan udara yang diberikan akan dapat mendorong debu untuk memantul keluar dari jack audio.

Salah satu keuntungan dari penggunaan alat ini adalah potensi kerusakan yang dihasilkan sangatlah kecil.

2. Gunakan Kapas

Sifat kapas yang lembut dan lemas dapat menembus ruang-ruang kecil. Caranya adalah kaitkan kapas dengan penyangga seperti jarum atau tusuk gigi agar kapas tidak masuk terlalu jauh kedalam lubang jack audio.

Baca Juga :  Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Kerusakan Hardisk Pada Laptop

Jika kamu merasa jack tersebut terlampau kotor, maka kamu bisa memberikan sedikit cairan alkohol. Namun jangan terlalu sering menggunakannya, karena penggunaan yang berlebihan akan beresiko mengikisnya lapisan logam karena cairan alkohol bersifat korosif.

Jika tidak ada alkohol, jangan menggunakan air biasa, alkohol digunakan karena cairan tersebut cepat menguap, sehingga berbeda dengan air, penggunaan air justru dapat memicu korsleting dan akhirnya menimbulkan kerusakan.

3. Gunakan Cotton Bud

 Ini mirip dengan tips sebelumnya, namun perlu diperhatikan juga, dalam menggunakan cotton bud pastikan kapas dan batangnya terikat dengan sempurna, jangan sampai ketika membersihkan jack audio, terdapat kapas yang tertinggal di dalamnya.

Jadi pilihlah cotton bud yang rigid alias tidak mudah lepas, cara membersihkannya, masukkan cotton bud secara perlahan, lalu putar searah jarum jam dan tarik secara perlahan.

Baca Juga :  Inilah Alasan Mengapa Flashdisk Masih Tetap Dibutuhkan

4. Jack Headphone / Earphone

Ujung dari colokan headphone atau earphone dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Sama halnya dengan menggunakan kapas, kita dapat memberikan sedikit cairan alkohol tepat di ujungnya. Namun, sebelum mencolokkan jack headphone ke lubang audio, pastikan bahwa smartphone berada dalam kondisi nonaktif atau mati.

Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diharapkan seperti korsleting. Caranya, kamu cukup mengoleskan sedikit alkohol pada ujung headphone jack dan mencoloknya ke lubang pada smartphone

Cara inipun harus dilakukan secara hati-hati, dan jangan menggunakan cairan alkohol secara berlebihan. Perlu diingat juga bahwa pada saat menggunakan cara ini, kamu harus berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Selain itu, jangan pernah memasukkan atau meneteskan cairan alkohol langsung ke dalam bagian lubang jack headphone, hal ini berpotensi masuknya cairan alkohol ke perangkat lain.

80%
Awesome
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More