GADGETDOWITH.COM
Informasi Seputar Smartphone dan Teknologi Terkini

Cara Mengatasi Aplikasi Has Stopped Working di Windows 7, 8, 10

0 9

Cara Mengatasi Aplikasi Has Stopped Working di Windows 7, 8, 10 – Pernah ga sih kalian ketika bermain game atau sedang menjalankan sebuah aplikasi di laptop tiba-tiba muncul jendela baru yang tulisannya itu misal “Adobe PhotoShop has stopped working”.

Pasti kesel banget kan, padahal lagi enak-enaknya ngedit, eh tiba-tiba ditengah jalan malah di stop paksa oleh sistem windowsnya. Saya waktu itu langsung cari-cari tutorial di internet dan akhirnya ketemu juga, dan banyak yang bagiin tutorialnya.

Oh iya, mau sedikit berbagi cerita nih. Kan saya waktu nyari tutorial untuk mengatasi has stopped working, engga sengaja saya nemu blog yang membahas tentang seputar teknologi. Dan ternyata untuk soal informasi mengenai teknologi dapat ditemukan dengan mudah di blog AdityaTekno.

Tidak hanya itu, semua informasi yang diberikan benar-benar valid dan selalu work, jadi tidak perlu lagi khawatir dengan kebenarannya.

Alhasil saya tidak sia-sia nemuin blog AdityaTekno. Karena bisa saya jadikan referensi untuk membuat artikel di blog saya ini. Hehe

Sekilas tentang pengalaman saya. Kita kembali ke topik inti.

Cara Mengatasi Aplikasi Has Stopped Working

Ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan, dan cara ini bisa diterapkan di laptop atau komputer kalian yang ber-OS Windows 10, 8 , dan 7.

1. Perbaiki Lewat CMD

CMD atau Command Prompt memang sangat berguna untuk berbagai hal. Dan bisa juga kita manfaatkan untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba berhenti.

Adapun caranya yaitu :

  1. Klik Start dan ketik “cmd” di kolom search.
  2. Jika sudah maka akan muncul results area, lalu klik kanan cmd atau cmd.exe dan pili yang Run as administrator.
  3. Pada bagian Command prompt, masukan password sesuai administrator account bila diminta untuk mengisikan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
  4. Jika command prompt sudah terbuka, selanjutnya ketik “Sfc /scannow” kemudian tekan ENTER.
  5. Pada Proses ini akan sedikit memakan waktu untuk menyelesaikannya, hasil proses ditunjukan dalam bentuk persen, windows akan me-repair corrupted files atau missing files, kalian tinggal menunggu selesainya.
  6. Akan tetapi, jika informasi dari installation CD diperlukan untuk melanjutkannya, maka kalian tinggal memasukkan CD Windows Installer.

Disini yang perlu kalian lakukan tinggal menunggu saja prosesnya berjalan, Windows akan berusaha memperbaiki masalah jika ada file yang rusak atau hilang dari sistem windows kalian. Jika sudah selesai coba software yang error apakah sudah bisa berjalan normal.

2. Atur Setting Kompatibilitas

Untuk cara selanjutnya yaitu dengan memeriksa pengaturan pada file exe software yang error. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak berikut ini :

  1. Pertama matikan antivirus yang ada pada komputer kalian, setelah itu masuk ke disk C >> Program Files dan cari aplikasi yang error.
  2. Saya beri contoh aplikasi adobe photoshop, cari dan klik kanan pada file exe nya dan pilih Properties.
  3. Setelah terbuka, pindah ke tab Compatibility setelah itu berikan ceklist pada opsi Run this program in compatibility mode for dan sesuaikan dengan OS yang kalian pakai.
  4. Setelah itu klik Apply dan tutup windowsnya.
  5. Yang terakhir cobalah untuk kembali menjalankan software tersebut apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya.

3. Periksa Ulang

Ketika kalian mau menjalankan aplikasi atau game pada laptop atau komputer kalian, jika muncul tulisan “Has stopped working” maka ini bisa diatasi dengan mudah, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut  :

  1. Pertama, kalian lakukan cara seperti pada cara 1 dan 2 tadi.
  2. Jika sudah melakukan perbaikan, kemudian restart komputer atau laptop kalian.
  3. Kemudian jalankan aplikasi atau game yang rusak tadi, sebagai contoh saya menjalankan game point blank.
  4. Klik View problem details >> ada tulisan Fault Module Name : file berformat .dll (setiap game atau aplikasi masalah berbeda-beda) itu adalah masalahnya yang diatasi.
  5. Setelah itu kalian cari masalah yang ada pada Fault Module Name tersebut pada folder instalan aplikasi atau game yang kalian pakai dan hapus.
  6. Jika sudah kalian dapat menjalankan aplikasi yang kalian pakai.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, seharusnya sudah bisa teratasi jika kalian mengikuti step by stepnya dengan benar dan tanpa ada yang terlewat.

Sekian artikel yang saya bagikan, semoga bisa membantu masalah kalian. Selamat mencoba! And Good luck!

Baca Juga :  Variasi Kudapan Dari Aneka Masakan Tahu Kekinian

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More