GADGETDOWITH.COM
Informasi Seputar Smartphone dan Teknologi Terkini

Smartphone Lemot, Mungkin Ini Penyebabnya

0 4

GadgetDowith.com, Smartphone Lemot, Mungkin Ini Penyebabnya. – Tiada hari tanpa akses gadget, tentu kalimat tersebut mendeskripsikan pentingnya gadget bagi kehidupan masyarakat saat ini, dimana banyak hal yang bisa dilakukan dengan gadget, seperti berkirim pesan, mengambil foto, merekam suara, bermain game, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Namun, masalah akan muncul ketika smartphone telah berusia lebih dari 2 tahun, dimana akses terhadap aplikasi mulai lemot, bahkan untuk membuka whatsapp saja membutuhkan waktu hampir 1 menit, hal ini tentu cukup menguras emosi bagi penggunanya.

Bahkan saat ini telah muncul smartphone yang mengusung RAM sebesar 8 GB. Tujuannya yakni agar smartphone tidak lemot.

Namun, mau berapa besar pun RAM yang ada di smartphone, dalam beberapa kondisi pasti akan terasa lemot. Smartphone lemot ini bisa disebabkan oleh banyak sekali hal, bukan hanya masalah besarnya RAM saja.

Baca Juga :  Inilah Alasan Mengapa Flashdisk Masih Tetap Dibutuhkan

Smartphone Lemot, Mungkin Ini Penyebabnya.

Oleh karena itu, jika smartphone mulai lemot tentu ada sebabnya, berikut inilah penyebab smartphone semakin melambat :

Banyaknya Aplikasi

Smartphone di desain untuk memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal, mulai dari berkirim pesan, membuat video bahkan bermain musik, tentu saja aplikasi tersebut akan membawa banyak ‘sampah’ jika tidak dibersihkan.

Apalagi jika aplikasi tersebut memerlukan banyak memori internal. Alhasil sistem smartphone menjadi lamban. Sebaiknya hapus aplikasi yang sekiranya tidak digunakan selama 6 bulan.

Para pengguna smartphone kerap tergoda untuk mengunduh aplikasi yang hanya dipakai sekali dan setelah itu dibiarkan menumpuk, hal ini tentu saja akan menyedot memory internal padahal RAM pada smartphone amatlah terbatas. Intinya kamu harus bisa memprioritaskan aplikasi mana yang perlu disimpan atau dihapus.

Baca Juga :  Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Kerusakan Hardisk Pada Laptop

Usia Baterai smartphone.

Hal ini memang jarang dibahas, ketika smartphone melambat seringnya kita akan mengira bahwa hal tersebut disebabkan karena penuhnya memori. Selain memori, baterai smartphone yang bocor juga menjadi salah satu faktor lemotnya smartphone.

Normalnya, sebuah smartphone hanya memerlukan waktu 2 jam untuk pengisian daya, tetapi jika dalam 2 jam baterai belum terisi penuh maka kemungkinan besar baterai smartphone tersebut mengalami kebocoran.

Baterai Smartphone yang telah usang akan mempengaruhi pemrosenan program pada smartphone dan komponen memori secara menyeluruh. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengisi daya smartphone sebelum mati kehabisan, jika sering beraktifitas di luar ruangan, maka bawalah powerbank.

Latar Belakang Bergerak / Animasi.

Mungkin ini terkesan sepele, tetapi latar belakang yang ada di layar smartphone sebaiknya dilatari dengan gambar statis saja, hindari penggunaan animasi pada layar smartphone karena hal tersebut juga menyedot memory.

Baca Juga :  Jack Audio Pada Ponsel Tersumbat, Begini Cara Membersihkannya.

Memori yang penuh sesak.

Perlu kita pahami bahwa kecepatan memori internal akan mengalami penyusutan seiring banyaknya file yang tersimpan. Bisa dari foto, video ataupun chat yang sudah bertahun-tahun tidak dibersihkan.

Untuk hal ini, kamu bisa membersihkan chace pada ruang penyimpanan, chace sendiri bisa diibaratkan seperti sampah hasil proses data, chace tersebut akan bertambah seiring penggunaan smartphone yang kerap digunakan untuk gaming ataupun akses youtube.

Ada baiknya, untuk menyimpan data seperti foto, video ataupun musik, simpanlah pada media penyimpanan eksternal seperti micro SD. Opsi lainnya adalah amankan data ke layanan storage berbasis cloud.

Itulah hal hal yang membuat smartphone menjadi lambat, tidak ada salahnya untuk membersihkan sampah-sampah, membackup data atau menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan, smartphone yang lemot bukan berarti mengalami kerusakan yang parah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More