GADGETDOWITH.COM
Informasi Seputar Smartphone dan Teknologi Terkini

Inilah Alasan Mengapa Flashdisk Masih Tetap Dibutuhkan

0 4

GadgetDowith.com, Inilah Alasan Mengapa Flashdisk Masih Tetap Dibutuhkan. – Dulu kita mengenal disket sebagai tempat penyimpanan eksternal, namun eksistensi disket sepertinya mulai redup pada tahun 2007, dimana masyarakat Indonesia lebih familiar dengan flashdisk yang dapat menyimpan file hingga 32 GB.

Namun pada tahun 2010, mini hardis atau hardis eksternal muncul sebagai pilihan baru, hanya saja karena harganya yang cukup mahal, flashdisk masih terpampang di berbagai gerai aksesoris komputer.

Banyaknya pilihan media penyimpanan file menjadikan banyak orang mulai melupakan flashdisk. Padahal, alat penyimpanan eksternal ini sangat penting untuk menyelamatkan file.

Pastinya, Flashdisk akan sangat berguna saat kita harus menyimpan berbagai file, apalagi dengan bentuknya yang fleksibel dan mudah dibawa. Berikut ini adalah alasan mengapa kita masih tetap membutuhkan flashdisk.

Baca Juga :  Smartphone Lemot, Mungkin Ini Penyebabnya

Inilah Alasan Mengapa Flashdisk Masih Tetap Dibutuhkan

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan eksternal yang simpel

Kebanyakan orang saat ini mungkin akan memilih untuk menyimpan data di media penyimpanan yang memorinya lebih besar seperti hardisk eksternal. Tetapi kapasitas tersebut tentu terlalu besar untuk menyimpan data dengan file size yang ringan.

Sehingga flashdisk dengan memory 8GB masih cukup untuk memudahkan kita dalam memisah-misahkan file. Dengan ini kita tidak perlu repot-repot mencari file di tengah tumpukan folder.

Misalnya saja kita hanya ingin menyimpan lagu classic jazz sebanyak 50 lagu tanpa ada lagu genre lain, tentu saja kita misa memasukkan lagu tersebut kedalam 1 flashdisk untuk menyimpan lagu favorit tersebut.

Penyimpanan data penting di banyak media

Moment seperti skripsi tentu tidak akan menjauhkan kita dari flashdisk, tentu saja kita memerlukan beberapa media untuk menyimpan file tersebut dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika salah satu media mengalami kerusakan, atau parahnya laptop hilang.

Baca Juga :  Cara Kreatif Memanfaatkan Smartphone Bekas, Jangan Langsung Dijual ya !

Nah, flashdisk setidaknya akan menjadi penyelamat data dari segala musibah yang mungkin terjadi. Tentu saja jangan lupa untuk scan virus secara berkala agar flashdisk terbebas dari virus yang dapat merusak data.

Flashdisk bisa digunakan untuk keperluan Instalasi OS

Beberapa komputer bisa jadi tidak menyediakan Port DVD, bahkan tidak semua laptop juga memilikinya, Untungnya barang kecil nan mungil ini masih bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk keperluan instalasi OS laptop maupun gawai.

Agar flashdisk bisa digunakan untuk instalasi OS, pastikan ada file instalasi OS di Flashdisk dengan ekstensi .Iso. Selain itu, flashdisk juga harus dijadikan bootable untuk instalasi OS.

Ukuran yang simpel nan fleksibel

Ukuran flasdisk yang kecil memungkinkan perangkat tersebut dapat ditaruh dimana saja, sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan besar untuk dibawa, bisa dikalungkan atau masuk ke kantong saku.

Baca Juga :  Jack Audio Pada Ponsel Tersumbat, Begini Cara Membersihkannya.

Selain itu ukuran flashdisk sangatlah efisien digunakan diberbagai perangkat, seperti music player di mobil, dvd player dan speaker aktif. Tentu saja karena ukuran yang kecil maka kita harus hati-hati dalam menyimpannya, agar tidak mudah hilang beri gantungan yang cukup panjang dan hindari memasukkan flashdisk di dalam saku celana.

Flashdisk masih dibutuhkan untuk memudahkan membaca file langsung di smartphone

Perangkat flashdisk yang dilengkapi dengan OTG juga dapat memudahkan untuk membaca file langsung di smartphone. Saat kamu tidak membawa laptop dan hendak mengirimkan data.

Saat sedang suntuk atau bosan dan tidak ada sinyal internet, tentu saja film ataupun lagu pada flashdisk bisa diputar dengan menghubungkannya ke smartphone.

Beberapa alasan tersebut tentu membuat kita berpikir ulang untuk tidak meninggalkan flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal, sehingga jangan takut ketinggalan zaman ketika masih menggantungkan flashdisk di leher.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More